Wisata Alam Asik Di Purwokerto Banyumas Jawa Tengah


Purwokerto-Banyumas | Pantau.co.id | Pusat wisata yang paling terkenal di purwokerto pastinya Baturaden berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Daerah ini terletak di lereng selatan Gunung Slamet dan dikenal sebagai kawasan wisata yang menarik.

Kecamatan Baturaden berada di sebelah utara Kota Purwokerto yang berada tepat di lereng Gunung Slamet. Hanya berjarak sekitar 7,5 km dari Purwokerto, Baturaden diidentikan dengan Purwokerto, sehingga sering disebut sebagai 'Baturaden Purwokerto'. Kecamatan ini menyimpan berbagai tempat wisata menarik, lho. Lantas, apa saja tempat wisata Baturaden Purwokerto terbaru yang bisa kamu kunjungi?

Baturraden memiliki sejumlah tempat wisata dengan udara yang sejuk menjadi daya tarik utama Baturaden. Gak heran kalau banyak wisatawan yang melirik daerah ini. Jika kamu ingin berkunjung ke sana, beberapa tempat wisata Baturaden berikut ini bisa jadi piliha

Wisata Baturaden dengan Suasana Alam yang Memesona.


 

Jarak tempuh untuk menuju Baturaden dapat kamu jangkau 15 km dari pusat Kota Purwokerto. Dilansir dari situs resmi Kabupaten Banyumas, Purwokerto memiliki banyak objek wisata menarik untuk kamu jadikan destinasi liburan bersama keluarga.

Tempat Wisata Baturaden Purwokerto Terbaru
Pengunjung yang datang ke tempat ini bermaksud refreshing sekaligus menikmati udara dan keasrian alam Purwokerto. Lingkungan yang asri membantu kamu meninggalkan rasa penat akibat rutinitas yang kamu jalani. Berikut adalah deretan tempat wisata Baturaden Purwokerto terbaru yang wajib kamu kunjungi:


Caping Park.

Tempat wisata Caping Park masih cukup hits di Jawa Tengah meski telah diresmikan sejak tahun 2018. Taman ini berlokasi di Jalan Raya Baturraden Barat KM 8 Desa Kebumen, Kecamatan Baturraden. Hal yang ikonik dari tempat wisata ini adalah jembatan kaca sepanjang 9 meter, yang menjadi spot foto favorit wisatawan. Selain taman bunga, tempat ini juga memuat kafe, kebun binatang mini, taman bermain, arena festival, dan teater outdoor.

Biaya masuk ke Caping Park yang perlu kamu bayar tiket ketika Hari Biasa seharga Rp20.000 sedangkan ketika akhir pekan dikenakan Rp25.000. kamu juga dapat membeli tiket masuk terusan yang ada menyesuaikan dengan kegiatan yang ingin kamu lakukan. Caping Park ini buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Kolam Renang GWK Baturraden.


Kolam renang (Gallery Water Karangmangu) GWK Baturaden merupakan tempat wisata yang menyuguhkan wahana bermain air. Tempat wisata ini baru selesai dibangun pada tahun 2019 sehingga dapat disebut sebagai wisata terbaru yang ada di Kecamatan Baturaden, Kota Purwokerto.

Kolam Renang GWK berlokasi tepat di Jalan Raya Baturaden, Km. 10, Karang Mangu, Dusun III, Karangtengah, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kamu dapat berenang di GWK dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 ketika Weekday sedangkan tiket masuk sebesar Rp15.000 dikenakan ketika kamu berkunjung saat Weekend atau hari libur. Jam operasionalnya dimulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Pasar Pinggir Alas Baturraden.


Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu kota tidak menikmati kuliner khas langsung di kotanya. Jika kamu ingin menikmati wisata kuliner tradisional khas Purwokerto jangan lewatkan untuk mampir ke Pasar Pinggir Alas yang baru saja diresmikan pada tahun 2019 silam.

Wisata kuliner ini terletak di Jalan Raya Baturaden yang tepat berada di depan Wisata Caping Park. Tempat wisata ini baru saja diresmikan pada tahun 2019 silam. Hal yang menarik ada pada cara pembelian produk di pasar ini.

Kamu diwajibkan untuk menukarkan uangmu terlebih dahulu dengan kepingan yang terbuat dari batok kelapa. Harga kepengan ada yang bernilai Rp5.000 dan Rp2.000. Pasar Pinggir Alas buka setiap Sabtu – Minggu dan tetap buka ketika hari libur nasional dan sekolah, mulai pukul 06.00 – 13.00.


Massapi Cafe and Resto Baturaden.



Tempat ini baru dibuka pada tanggal 22 Agustus 2021. Meski terbilang baru, konsep yang diusung memiliki daya tarik tersendiri. Café dan Resto ini merupakan alternatif destinasi wisata kuliner yang menawarkan sensasi nongkrong dengan pemandangan alam Baturaden.

Waktu malam hari sangat direkomendasikan karena kamu dapat menikmati view city light yang indah di tempat wisata Baturaden Purwokerto terbaru ini. Tempat ini berada di daerah Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Jarak yang kamu tempuh untuk menuju tempat ini sekitar 13,9 km dari pusat Purwokerto. Massapi Cafe and Resto Baturaden buka pukul 10.00 – 20.00 WIB setiap harinya. Ada banyak pilihan menu mulai dari makanan ringan, makanan berat dan minuman yang ditawarkan dengan harga yang bervariatif mulai dari harga Rp10.000 – Rp40.000 saja.

Curug Kembar



Tak bisa dipungkiri, wisata baru di sekitar Purwokerto semakin di kenal semenjak mudahnya akses sosial media. Bahkan, kemudian muncul kata baru yang kini lumrah di sebut dengan istilah Hidden Gems Wisata.

Julukan Hidden Gems Wisata sendiri secara sederhana dapat di artikan sebuah tempat yang menyenangkan untuk di kunjungi. Baik berupa kuliner maupun wisata dan belum ramai di ketahui oleh khalayak umum.

Salah-satu opsinya yaitu di sekitaran Baturaden, satu di antara banyak Kecamatan di Banyumas yang jaraknya 25 sampai 35 menit mengendarai motor dari pusat Kota Purwokerto.
Rekomendasi pertama adalah Curug Kembar, beralamatkan di Dusun Dua Kemutug Lor RT 05/03, Baturaden. Curug atau air terjun ini menyuguhkan suasana asri nan comfy khas pedesaan di kaki Gunung Slamet.

Dengan suhu air yang terbilang dingin dan jernih tentunya cocok untuk kamu melepas penat dari hiruk-pikuk urban perkotaan. HTM (Harga Tiket Masuk) yang di tawarkanpun ekonomis untuk pelajar, hari kerja maupun hari libur tidak memiliki selisih harga yang terpaut jauh. Cukup merogoh kocek 10.000 sampai 20.000/orang, kamu sudah bisa menikmati keasrian wisata tersebut. Bahkan, ada juga yang belum di kelola dan hanya tarif parkir saja.

Hal yang menyebabkan tempat ini masuk kategori Hidden Gems Wisata karena perjalanan dari tempat parkir terdekat menuju curug membutuhkan sedikit usaha lebih mengingat medannya merupakan jalan setapak menyusuri ladang pertanian warga lokal.

Curug Kembar Hidden Gems Tidak ada penunjuk jalan ataupun Plang yang seolah menyambut wisatawan datang di Curug Kembar layaknya kebanyakan tempat wisata pada umumnya. Itulah mengapa tempat tersebut cocok bagi kamu dan teman maupun kerabat yang hobi berburu wisata alam sepi dan tersembunyi.

Nah, kita contohkan Curug Kembar ini. Oke, dari beberapa sumber terkait menjelaskan bahwa berasal dari aliran air terjun yang terbelah menjadi dua saat tiba musim penghujan, dan ukuran antara arusnya sama besar (Kembar).

Untuk lebih memantapkan penjelasan itu kamu bisa menanyakannya langsung saat nanti mengunjunginya untuk bahan basa-basi saat bertemu warga sekitar di sepanjang kebun menuju lokasi.
Sebagai catatan, di lokasi masih jarang penjual makanan maupun sekedar camilan ringan, jadi persiapkan bekal dari rumah untuk amunisi melawan dingin pasca bermain air di sana.
Kamu juga bisa memasak sendiri ala mini barbeque pada bebatuan di sekeliling kolam air terjun. Tentu dengan syarat tetap menjaga kebersihan serta membawa pulang sampah yang kamu bawa sampai menemukan tempat sampah terdekat untu membuangnya.
 
Jagalah alam di manapun kamu berada agar tetap asri dan lestari. Itu saja informasi terbaru tentang Wisata di sekitar Purwokerto, nantikan informasi menyenangkan..


AIR PANAS BATURRADEN.




Mungkin bagi pecinta jalan jalan yang akan berakhir pekan di Purwokerto, Jawa Tengah, jangan lupa menengok sambil nyelam ke Baturaden. Di sina, Anda sekalian bisa ngerendam badan di kolam alam air panas yang alami. Saat musim hujan dan mungkin tiap malam seperti saat ini, pasti asyik berendam air panas Baturaden!

Mendatangi kota Purwokerto, Jawa Tengah tidak akan lengkap jika anda belum berkunjung ke Lokawisata Baturaden. Objek wisata indonesia ini terletak di sebelah selatan Gunung Slamet. Kurang lebih 14 km dari pusat Kota Purwokerto.

Sangat sejuk udaranya dan cenderung dingin karena berada di daerah dataran tinggi, terutama pada malam hari. Kawasan ini sangat cocok banget untuk tempat berekreasi keluarga. Jalan dan akses menuju Baturaden juga sangat mudah, dengan jalan lebar dan mulus. Di baturaden juga tersedia banyak hotel dan penginapan dengan tarif terjangkau.

Asyiknya Beremdam Air Panas Di Baturaden.






Seperti yang penulis gunakan sendiri untuk menginap misalnya. Bernama Pondok Slamet, letaknya tidak jauh persis di samping objek wisata Indonesia ini. Penginapan ini menawarkan kamar dengan tarif mulai Rp 90.000 hingga Rp 210.000 (4 bed) per malamnya hmm murah juga ya...

Masuk ke kawasan objek wisata Indoensia Baturaden, Anda akan disambut pintu gerbang yang sangat megah. Harga tiket masuk hanya Rp 8.000 pas sekali di kantong kita, dan Anda bisa puas berkeliling di lahan seluas 16,5 hektar. Setelah itu, pengunjung tinggal memilih, menikmati lukisan panorama alam, duduk lesehan di taman yang indah, berenang dengan air sejuk menyegarkan, atau menikmati wahana hiburan lainnya.

Tetapi yang tak boleh Anda lompati adalah menikmati sensasi mandi dan berendam air panas Pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Air yang mengalir dari perut bumi ini mengandung belerang dan zat anti radikal bebas yang konon bisa untuk menyembuhkan penyakit kulit. Untuk menuju lokasi Pancuran Telu, Anda harus kembali membeli tiket masuk seharga Rp 7.500, ya gak mahal amat kok.

"Kalau datang pagi biasanya lebih nyaman, Mas. Tempatnya masih sepi. Yang mandi dan berendam biasanya cuma cewek-cewek yang ingin kulitnya mulus," kata warga sekitar objek wisata Indonesia Baturaden, Taufik Sunarko sambil tersenyum kepada penulis.

Ngomong- ngomong masalah sovenir di tempat ini, ada yang juga berjualan belerang dengan harga Rp 1.000 per plastiknya. Kalau anda pintar menawar, Rp 5.000 sudah bisa mendapatkan 12 plastik. Di sana juga ada jasa pijat refleksi dengan tarif Rp 10.000 kalo anda ingin pijat :p .

Puas menikmati keindahan objek wisata Indonesia  ini, Anda mungkin sempat juga menikmati menu kuliner sate kelinci dan tempe mendoan yang spesial di Baturaden. Jangan sampai melupakan pula untuk berfoto-foto di setiap sudut tempat ini, karena pemandangannya keren banget. Sebelum anda beranjak Anda bisa berbelanja aneka cindera mata dan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ayuk, ke Baturaden akhir minggu ini!


Post a Comment

0 Comments