Pantau Terkini Beredar video pimpinan Panti Rehabilitasi Gangguan Jiwa dan Narkoba Tanbihul Ghofirin Cilacap Jawa Tengah mengeluh, pasalnya sembilan bulan yang lalu  Dinas Sosial Bandung telah menitipkan 40 orang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) tanpa memberikan bantuan dana untuk biaya perawatan ODGJ tersebut

Video  yang dibuat hari Sabtu,  2 Desember 2023 berdurasi 5 menit 17 detik, menyebutkan kondisi panti saat ini telah kehabisan bahan pangan dan obat-obatan, sementara ODGJ perlu makan dan perawatan, dia memohon perhatian dari Dinsos Bandung dan juga menyebut  penjabat Gubernur Jabar dalam videonya tersebut.

Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Ida Wahida Hidayati menjelaskan, “Sehari setelah video keluhan pimpinan panti ODGJ mengunggah videonya. petugas Dinas Sosial Pemprov Jabar langsung ke Cilacap untuk memberikan bantuan pangan dan bantuan uang tunai,” kata Ida di Bandung, Minggu (3/12/2023).

 

Menurut Ida, berdasakan keterangan Jasono selaku pimpinan panti melalui pesan WhatsApp menjelaskan, beberapa ODGJ sebelumnya memang dikirim Dinas Sosial Kabupaten Bandung ke Panti tersebeut,

“Kami langsung berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Bandung. yang katanya Dinsos Kabupaten Bandung sudah lama bekerja sama dengan panti tersebut dan mengakui telah menititipkan sebanyak 40 orang ODGJ,  kebanyakan ODGJ tersebut tidak diketahui keberadaan keluarganya,” jelas Ida.

Ida menerangkankan, saat ini Dinsos Kabupaten Bandung sedang berkoordinasi dengan pihak panti untuk menemukan solusinya dan Dinsos Kabupaten Bandung berencana akan menjemput  pulang pasien tersebut  dan akan ditempatkan sementara di UPTD Dinsos Kabupaten Bandung di Baleendah, sambil terus mengupayakan reunifikasi,” tambah Ida Dilansir dari jabarprov.go.id (***)

 

Editor        : Usep