KUALA LUMPUR, MALAYSIA -  25 September 2023 - GAZOO Racing (GR) GT Cup Asia 2023 digelar dalam tiga balapan yang menegangkan pada hari Minggu, 24 September 2023. Penggemar e-motorsports menyaksikan 15 kualifikasi lokal – dari Indonesia, Malaysia , Filipina, Singapura, dan Thailand – mengadu keterampilan mengemudi, ketangkasan, dan kecerdasan mereka satu sama lain, saat mereka bertarung demi gelar kejuaraan regional dan tempat di Final Global.



GR GT Cup Asia tahun ini menampilkan perubahan format balapan di mana seluruh finalis regional berpartisipasi dalam total tiga balapan di "Gran Turismo 7" PlayStation®. Balapan pertama yang dimainkan di Mount Panorama dengan mobil GT Supra Gr.4, diawali dengan time attack selama 5 menit sebagai babak kualifikasi untuk menentukan posisi grid, dilanjutkan dengan balapan selama 15 menit. Balapan kedua di trek Tokyo Expressway – Searah Jarum Jam Timur dimainkan dengan posisi grid Race 1 dibalik menggunakan mobil GR Corolla dalam waktu balapan 25 menit. Balapan ketiga dan terakhir, dimainkan di arena pacuan kuda Spa Francorchamps yang legendaris dengan GR010 Hybrid Hypercars, sekali lagi dimulai dengan babak kualifikasi serangan waktu 5 menit, sebelum diakhiri dengan balapan 35 menit di tengah cuaca yang dinamis. Kejuaraan ditentukan dari poin kumulatif yang diperoleh melalui posisi finis di ketiga balapan, lima posisi pertama di babak kualifikasi, dan poin bonus untuk putaran tercepat di masing-masing tiga balapan. Di akhir kompetisi, dua finalis dengan skor tertinggi akan melanjutkan ke Final Global, yang dijadwalkan pada bulan November di Barcelona, ​​Spanyol.

Andika Rama dari Indonesia menjadi yang teratas dengan total 65 poin sepanjang kompetisi. Lambat dan mantap memenangkan balapan Rama, dengan pembalap kawakan itu menempati posisi ke- 4 dan ke- 5 di Race 1 dan 2 sebelum dengan berani mengklaim posisi terdepan di Race 3 dengan memaksimalkan waktunya di trek melawan cuaca yang semakin buruk. Luis Moreno dari Filipina juga menunggu waktu yang sama, mengamankan posisi ke- 6 dan ke -4 pada balapan sebelumnya sebelum meraih posisi terdepan di babak kualifikasi Race 3, dan mempertahankan posisi podiumnya dalam perlombaan untuk menempati posisi kedua secara keseluruhan dalam kejuaraan dengan 52 poin. . Fadtris Isa dari Singapura dan Dhanesh Wigneswaran dari Malaysia juga tampil luar biasa, meskipun beberapa kesalahan penilaian dalam cuaca dan pitting membuat mereka semakin terdegradasi di tabel kejuaraan.

“Saya tahu bahwa kecepatan saya di balapan terakhir tidak sebaik Luis dan Dhanesh, jadi meskipun hujan mulai turun, lintasan basah sedikit, saya bertaruh pada dua lap lagi dengan ban keras sementara semua orang masuk pit. Saya mencoba mengatur kecepatan saya setelah pitting, dan hasilnya membuahkan hasil,” kenang Rama penuh semangat. “Saya berterima kasih kepada keluarga, teman, dan penggemar yang ada di sini menyaksikan saya secara langsung atau online di rumah, dan tentu saja berterima kasih kepada Toyota Indonesia yang telah mendukung kami sepanjang waktu. Saya berharap dapat balapan bersama Luis di Global Finals melawan rekan-rekan kami di Italia dan Jepang."

Selain revisi format balapan yang menjaga kesegaran penonton, musim keempat GR GT Cup Asia pada tahun 2023 terus menggarisbawahi komitmen Toyota dalam menjadikan e-motorsports dapat diakses lintas generasi, dengan memungkinkan para penggemar balap dari seluruh wilayah untuk merasakan sensasi dan sensasi. kegembiraan balap kompetitif. Para penggemar dan peserta juga disuguhi pesta visual dengan desain livery menarik yang terinspirasi oleh warna nasional masing-masing negara peserta.

“Kami sangat senang melihat dukungan yang kuat dan berkelanjutan untuk GAZOO Racing GT Cup Asia edisi keempat. Seluruh pembalap menampilkan keterampilan luar biasa yang ditunjukkan secara spektakuler, bahkan di berbagai kondisi balapan. Kami berharap GR Asia menghadirkan malam hiburan yang mendebarkan kepada para penggemar e-motorsports di seluruh wilayah, khususnya dengan format balapan baru dan desain livery warna-warni yang ditampilkan sepanjang kompetisi,” kata Jaja Ishibashi, General Manager di Toyota Motor Asia Pacific. “Saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada seluruh pembalap karena telah melakukan balapan yang luar biasa hari ini, dan semoga yang terbaik untuk Andika Rama dan Luis Moreno di Global Finals mendatang.”

Andika Rama dan Luis Moreno akan mewakili Asia dan berpacu dengan beberapa pembalap e-Motorsport terbaik dunia di TGR GT Global Finals yang dijadwalkan pada bulan November.

GR GT Cup Asia 2023 – Sorotan Final Regional

Memulai kompetisi saat matahari terbit di Mount Panorama Australia, babak kualifikasi yang ketat selama 5 menit menyaksikan pembalap termuda tahun ini, Fadtris Isa dari Singapura pada usia 19 tahun, mengamankan posisi terdepan untuk balapan tersebut, dengan pembalap Malaysia Taj Aiman ​​dan Dhanesh Wigneswaran mengunci posisi kedua dan ketiga. masing-masing, dan pemain Indonesia Benaya Theo dan veteran Piala GR GT Andika Rama masing-masing di posisi keempat dan kelima.

Dalam balapan 7 lap, Benaya Theo mengalami masalah teknis yang membuatnya absen hampir sepanjang balapan, sementara Aiman ​​dengan cepat melewati Isa untuk mempertahankan keunggulan kuat di paruh pertama balapan. Namun, setelah melakukan pergantian ban dari soft ke medium, Isa mengejar Aiman ​​untuk merebut kembali keunggulan di lap 6, secara spektakuler memenangkan balapan pertama dengan keunggulan 0,6 detik di depan Aiman, dan Wigneswaran tertinggal tak lama di tempat ketiga. Aiman ​​dan Wigneswaran masing-masing menjalani penalti tiga detik, memberikan podium Race 1 kepada Fadtris Isa (Singapura), Andika Rama (Indonesia), dan Ethan Yoh (Singapura).

Pindah ke balapan kedua, yang diadakan di Tokyo Expressway, pertarungan 11 lap yang melelahkan dan memikat pun berlangsung – dengan Benaya Theo berusaha melupakan kekecewaannya dari balapan pertama. Grid start terbalik menempatkannya di posisi utama – posisi terdepan – impian seorang pembalap. Sehubungan dengan acara utama, sirkuit jalanan yang mulus dan mengalir menyaksikan banyak pertempuran, dengan para pembalap terus-menerus bertukar posisi melalui tikungan trek yang sempit dan bergelombang. Matthew Ang dari Filipina melihat harapannya untuk menjadi juara pupus ketika ia menabrak pembatas di tengah lomba, meninggalkannya di posisi terakhir. Sementara itu, Zaim Rasyad dari Singapura berada di posisi terdepan. Berikutnya adalah pit window, dimana terjadi perubahan besar pada ban dan strategi balapan, membawa Theo ke posisi terdepan. Dengan terus-menerus melakukan drafting bersama Chong Kai Chang dari Malaysia dan Thanaphat Pungphat dari Thailand, Theo pulang ke posisi pertama, sedikit mengungguli Pungphat dan Chong, masing-masing di P2 dan P3.

Kompetisi berakhir di Spa Francorchamps yang ikonik di Belgia. Pembalap yang dilengkapi GR010 Hybrid Hypercar melakukan persiapan untuk babak kualifikasi yang berdurasi 5 menit. Luis Moreno dari Filipina menyoroti penghitungan waktu dalam perjalanannya menuju posisi terdepan dengan waktu tercepat, diikuti oleh Wigneswaran, Theo, Isa, dan Rama – sebuah indikator besar dari standar kompetisi yang dapat diharapkan di eselon atas olahraga motor regional .

Aksi pun terjadi di balapan terakhir, saat sembilan dari lima belas pembalap mendapat penalti waktu, ingin sekali mendahului satu sama lain. Aiman ​​- runner up pada event pertama - mengalami kendala teknis yang sayangnya mengakhiri balapannya lebih awal. Kembali ke depan, Moreno mempertahankan keunggulan nyamannya di beberapa lap pertama. Namun, komplikasi muncul di lap 5. Cuaca yang sebelumnya cerah dengan cepat berubah menjadi mendung, dan para pembalap dengan panik mengawasi radar cuaca untuk mencari titik-titik curah hujan. Apa yang awalnya hanya gerimis ringan, kemudian berubah menjadi hujan lebat seperti musim hujan, sehingga membasahi lintasan dan membatasi jarak pandang. Pilihan ban segera menjadi penting, karena pemimpin kejuaraan saat itu, Isa, melakukan peralihan prematur ke ban perantara. Rasyad dan Theo mengikutinya, dan sementara yang lain memilih menggunakan ban berukuran sedang, mengandalkan hujan yang lewat, hujan semakin deras. Rama, yang bertahan dengan mantap di tengah kesibukan menuju pit untuk mencari ban, tetap berada di kompon keras, mengatur waktu pit dengan sempurna. Dia keluar dari pitstop pada lap 8 dan pulang dengan tenang dan tenang untuk memenangkan balapan terakhir. Berada di posisi kedua, Wigneswaran berusaha dengan gagah berani, menutup jarak dari tujuh menjadi kurang dari dua detik, diikuti dengan posisi ketiga Moreno yang tertinggal lima detik.

Hadiah diberikan kepada tiga pembalap teratas (berdasarkan poin kumulatif individu yang diperoleh) dan tiga tim negara teratas (berdasarkan total poin yang diperoleh per negara). Andika Rama (Indonesia) memperoleh 6.000 USD dengan penghitungan akhir 65 poin, Luis Moreno (Filipina) memperoleh 3.000 USD dengan 52 poin, sedangkan Fadtris Isa (Singapura) memperoleh 1.500 USD dengan 49 poin. Dalam kejuaraan beregu, Tim Indonesia mendapatkan 6.000 USD dengan total 122 poin yang mengesankan, Tim Malaysia mendapatkan 3.000 USD dengan total 105 poin, diikuti oleh Tim Singapura dengan 98 poin untuk mendapatkan hadiah uang tunai akhir sebesar 1.500 USD.

Untuk menyaksikan kembali Final Regional GR GT Cup Asia 2023, silakan klik di sini .



Tentang Piala GR GT Asia
GR GT Cup Asia merupakan perlombaan online regional yang mempertemukan para gamer papan atas dari masing-masing negara peserta di Asia untuk saling mengadu kemampuan mereka.

Pemain akan berlomba di "Gran Turismo 7" di PlayStation®4 *1 (PS4®) atau PlayStation ® 5 *1 (PS5 ® ) di jajaran Toyota GR tertentu.

Di bawah visi global TOYOTA GAZOO Racing, e-Motorsports telah berkembang menjadi salah satu pilar utama aktivitas motorsport TGR dan merupakan platform eksklusif untuk berinteraksi dengan semakin banyak pecinta motorsport di seluruh dunia.


Tentang TOYOTA GAZOO Racing (TGR)
TOYOTA GAZOO Racing (TGR) adalah perusahaan balap TOYOTA di mana aktivitas olahraga motor adalah tujuan utama pengembangan produknya. Etosnya dibangun berdasarkan warisan keunggulan selama lebih dari 60 tahun dalam "membuat mobil yang lebih baik". Dengan tujuan ini, perusahaan mempertimbangkan masukan dan pembelajaran yang diperoleh di jalanan balap yang sulit di lingkungan yang keras untuk menciptakan sensasi dan kegembiraan balap mobil Toyota GR bagi semua orang.

Tentang Toyota Motor Asia Pasifik
Toyota Motor Asia Pacific [TMAP] didirikan di Singapura dan merupakan kantor pusat perusahaan regional dan anak perusahaan Toyota Motor Corporation. TMAP memimpin dan mendukung wilayah Asia Pasifik dalam aktivitas penjualan dan pemasaran, servis suku cadang, aksesori, dan layanan pelanggan, sehingga berkontribusi terhadap perkembangan industri otomotif secara keseluruhan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Toyota memimpikan masyarakat mobilitas masa depan yang memberikan kebebasan bergerak bagi semua orang. Ke depan, Toyota akan menyediakan beragam layanan mobilitas dan solusi transportasi kepada masyarakat di seluruh dunia seiring kami mentransformasikan Toyota menjadi perusahaan mobilitas