KESENIAN KUCINGAN SALAH SATU BAGIAN DALAM REOG PONOROGO YANG HAMPIR LANGKA

Magetan-Ponorogo sebuah kota di propinsi jawa timur terkenal dengan kesenian reognya yang sudah mendunia. Selain kesenian reog ternyara Ponorogo memiliki kesenian lain yang sudah hampir langka yaiyu kesenian kucingan. . Mungkin kesenian ini terdengar awam di telinga banyak orang, namun sebenarnya Kesenian Kucingan ini telah ada sejak zaman Kolonial Belanda.


Kucingan adalah salah satu seni pertunjukan khas Ponorogo yang masih berhubungan dengan Tari Reog. Seperti yang kita ketahui, pemeran utama dari Kesenian Tari Reog adalah Singo Barong yang digambarkan oleh topeng kepala singa dengan dadak merak diatasnya. Berbeda dengan Tari Reog, pemeran utama dalam Kesenian Kucingan menggunakan topeng singa tanpa dadak merak di atasnya. Kesenian Kucingan ini menyajikan atraksi akrobatik yang menggunakan 2 buah bambu dan tali tambang sebagai pendukungnya. 



Menurut  Suparman atau yang dikenal dengan panggilan Pak Man salah satu pemain tokoh kucingan dari dusun sampung kecamatan sidorejo kabupten Magetan, saat ini tokoh kucingan dalam reog ponorogo  sudah hampir langka dikarenakan mengandung “resiko” dalam memainkannya. Seorang pemain kucingan harus menguasai kemampuan akrobatik dan pada umumnya untuk menguasai kemampuan akrobatik ini dibutuhkan waktu yang sangat lama.


Pertunjukan Kucingan ini diiringi oleh musik gamelan, dimana dalam pertunjukan ini  terdapat 2 tokoh utama yaitu seekor kucing yang diperankan Singo Barong dan seekor tikus yang biasanya dikenal dengan nama Patih Pujangga atau Bujang Ganong. Kesenian Kucingan menceritakan tentang seekor kucing yang sedang mengejar tikus karena telah mengganggu tidurnya. Atraksi Penari Singo Barong yang diiringi Bujang Ganong yaitu salah satu tokoh enerjik dengan kemampuan beladiri dan kekocakannya menjadi pertunjukan apik yang senantiasa di tunggu - tunggu oleh penonton terutama anak-anak. Selain 2 tokoh penari tersebut, terkadang pertunjukan ini juga diiringi penari prajurit berkuda atau Jathil.


Walaupun Kucingan yang dalam pertunjukannya selalu menampilkan humor, komedi, dan kelucuan penari, sebelum pementasan Kucingan dimulai biasanya para pemain Kucingan melakukan sebuah ritual dengan memanfaatkan dupa dan kemenyan. Atraksi kucingan yang dimainkan oleh pak man ini dapat dilihat di https://youtu.be/QiM3OgFo8v0?feature=shared


Ayo budayakan melestarikan kesenian daerah masing-masing.

Post a Comment

0 Comments