KATAR Beji Bangun Kembali Budaya "Munggah Akbar " Bersama Masyarakat dan Tokoh Beji .

 


Beji | PantauTerkini.co.id | 18/03/23 Acara dimulai dari sambutan Makmur selaku kepala kelurahan Beji memberikan ijin kepada Karang Taruna yang mengadakan acara munggah akbar di Taman lapangan terbuka hijau jalan jawa Depok Utara Beji .

Budaya "Munggah" ini merupakan tradisi budaya beji yang sudah lama hilang dengan ide luhur membangun budaya kembali dengan puncak acara akhir merupakan pawai obor dengan mengelilingi wilayah Kelurahan Beji ini. 

Acara yang diadakan sejak pukul 08.00 WIBB dengan beberapa hiburan orgentunggal serta pentas tari anak anak siswa dan putra putri warga kelurahan beji ini dimeriahkan oleh UMKN Kelurah beji dan Beji Plenner.

Hadir dalam acara ini beberapa pejabat dan tokoh masyarakat diantaranya Ketua DPRD kota Depok Ir. T M Yusuf Syahputra, Riko Kepala Bidan Koperasi dan UMKN Kota Depok , Rusdi Nurdiansyah Ketua PWI Kota Depok, H.Memet Ketua RW.07, H.Baron Ketua RW.08 tdan beberapa Anggota LPM kelurahan Beji serta Aktifis Lingkungan dan dan Seni Budaya Karmila dan Denny tidak ketinggalan juga Boges Marhaen sebagai aktifis lingkungan dan budaya kota Depok.

Munggah merupakan budaya Beji yang di bawa oleh Mbah Wujud Beji yang merupakan salah satu Ulama Besar Islam serta panglima tertinggi kerajaan majapahit yang ditugaskan  diwilayah Jayakarta akhirnya wafat di Depok dan dimana nana Mbah Wujud Beji dijadikan nama daerah Beji.

Budaya munggah pada jaman dulu merupakan budaya berkunjung ke para orang tua bagi baik yang sudah wafat maupun masih hidup dengan tujuan memohon doa dan maaf kepada orang tua agar dalam menjalankan puasa pada bulan rahmadan menjadi abdol karena obor pada jaman itu merupakan alat penerangan yang digunakan pamstarakat sebel adanya center batery jadi para masyarakat menggunakan sebagai penerangan utk berjalan dari kampung ke kampung lain sambil membawa makan di rantang yang besisi berbagai makanan di sebut tenong menurut Taufik salah satu penjaga makom umum di depok utara.

Pada pukul 19.00 kali ini obor yang dibawa warga dari berbagai wilayah RW menuju Taman lapangan terbuka hijau jalan jawa depok utara dan disana diadakan doa bersama sebelum pawai dilaksanakan kembali kewilayah masibg masing. 

Malamnya Juga dihadiri oleh ketua DPRD kota Depok H. Ir. TM Yusuf Syahputra bersama beberapa tokoh agama  di wilayah beji sambil berdoa dan mengalunkun syalawat sebagai tradisi budaya.

Melihat keramaian yang mungkin kesampatan ini sangatlah jarang terlihat lagi setelah beberapa tahun warga masyarakat beji berkumpul menjadi satu kesarian warga masyarakat Beji yang damai dengan event yang memang di adakan karanf taruna kelurahan beji sangatlah sukses dari pagi hingga malam acara berjalan lancar .(red)



Post a Comment

0 Comments