6 orang Penambang minta dibebaskan dari BUI

 

Sukabumu pantauterkini.co.id  Sejumlah Pengunjuk rasa  padati halaman Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Kamis (8/9/2022), peserta ujunjuk rasa terdiri dari Gabungan Penambang Jawa Barat, Penambang Banten, Korpus Brigade Gerakan Pemuda Islam, PW GPI Jawa Barat, PD GPI Sukabumi, berorasi menuntut dilepaskannya 6 orang penambang dibebaskan dari Bui.

Koordinator aksi unjuk rasa Ihsan Fuad mengatakan, Polri sebagai institusi negara, diharapkan menjadi jembatan rasa keadilan masyarakat yang harus hadir ditengah-tengah rakyat.

Menurut Ihsan 6 orang penambang rakyat yang saat ini ditahan  Polres Sukabumi merupakan cermin tidak  hadirnya Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Ihsan menjelaskan, bahwa 6 orang yang ditahan hanya sekedar mencari sesuap nasi untuk kehidupan anak istri mereka. Kalaupun dianggap melakukan pelanggaran, maka wajib dibina sesuai 7 instruksi Presiden, bukan malah di bui.

"Mereka adalah kepala keluarga yang butuh perlindungan, akibat kesewenangan oknum-oknum. Dan dugaan kami adanya permainan para oknum dan pengusaha nakal yang tidak ingin rakyat menambang diatas lahan milik negara yang berstatus hak guna usaha di Sukabumi," ungkapnya.

Ihsan juga menerangkan bahwa pasal 27 ayat (1) UUD RI 1945 secara tegas telah memberikan jaminan bahwa, setiap warga negara bersamaan kedudukannya dimata hukum dan pemerintah wajib menjunjung hukum dengan tidak ada pengecualian.

"Jadi dengan adanya penahanan 6 warga ini,  kami menilai akan ada berpotensi mendorong ribuan orang untuk minta perlakuan yang sama. 

Bila tidak segera dibebaskan, maka ribuan penambang di Kabupaten Sukabumi akan minta diproses dan ditahan juga," ujar Iksan.

"Bila penahanan kepada 6 penambang ini berlanjut, artinya apa yang dilakukan Polres Sukabumi jelas-jelas diskriminatif dan memprovokasi masyarakat yang selama ini sangat kondusif. Dan Polres Sukabumi tidak memahami prinsip Salus Populi Suprema Lex  Esto yang merupakan semboyan Kapolri dan  Presiden Joko Widodo," sambung Ihsan.

Dipenghujung ujukrasa,  akhirnya terjadi audiensi perwakilan peserta unjukrasa  diterima oleh Kapolres Sukabumi dan perwakilan DPRD Kabupaten Sukabumi untuk  duduk satu meja berdialog besama.

"Ada beberapa poin yang bisa kita petik dalam dialog tersebut, salah satunya penangguhan penahanan 6 orang penambang yang saat ini berada dalam sel tahanan Polres Sukabumi, Kapolres menyarankan solusi agar kami melakukan mediasi dengan baik kepada pihak perkebunan atau pelapor," terang Ihsan Fuad.

 


Editor        : Usep


Post a Comment

0 Comments