Staf Ahli Bupati M. Mansholihi Buka Advokasi GERMAS di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda Lambar

PANTAUTERKINI.CO.ID, LAMOUNG BARAT  Staf Ahli Bupati Bidang Adminstrasi Umum Drs. M.Mansolihi membuka secara resmi Advokasi Gerakan Masyarakat  hidup sehat tingkat kabupaten lampung barat tahun 2018, Kamis 03-05-2018 di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda.


Dalam kesempatan itu  Mansolihi mengatakan, Dalam Rangka pertemuan advokasi gerakan masyarakat hidup sehat (germas) kabupaten lampung barat tahun 2018. dimana saat ini kita sedang mengalami perubahan pola penyakit atau yang sering di sebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kanker, diabetes yang menjadi penyebab terbesar kematian  dan kecacatan.    


Menurut global burden of disease 2010 dan health sector review 2014, kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular yaitu stroke menduduki peringkat pertama.

Dengan demikian, trend ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup di masyarakat.         


Usia produktif yang besar dan seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan akan terancam apabila derajat kesehatannya terganggu oleh penyakit tidak menular dan perilaku hidup yang tidak sehat. selain itu, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) akan berdampak pada besarnya beban pemerintah karena penanganan (PTM) membutuhkan biaya yang besar yang pada akhirnya akan mempengaruhi sosial dan ekonomi bangsa.Tuturnya"

Kemudian germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.


Tujuan germas itu sendiri yaitu agar masyarakat berperilaku hidup sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat,


Kegiatan germas ini dapat dilakukan dengan 7 cara diantaranys melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit sehari, mengkonsumsi buah dan sayur ,tidak merokok ,tidak mengkonsumsi alkohol ,memeriksa kesehatan secara rutin minimal 6    bulan sekali, membersihkan lingkungan  dan menggunakan jamban"ujarnya.


Pemkab Lambar sudah mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) pada  hari minggu tanggal 24 september 2017 dan berbagai kegiatan terkait germas sudah dilaksanakan oleh Opd di kabupaten lampung barat, dan pada hari ini kita berkumpul disini untuk mensinkronkan kembali komitmen kita bersama untuk mendukung program gerakan masyarakat hidup sehat lampung barat dan selanjutnya saya instruksikan kepada seluruh Opd yang taergabung dalam forum germas ini untuk merencanakan tindak lanjut germas tingkat kabupaten lampung barat agar terwujud masyarakat lampung barat yang hebat dan sejahtera.tutupnya(@)hms/wwn)

Post a Comment

0 Comments