Temu Lapang Produksi Benih Bawang Putih Mendukung Pengembangan Kawasan Jatim


PANTAUTERKINI.CO.ID - JATIM Tanaman Bawang Putih merupakan salah satu bahan pokok bagi kebutuhan masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bahan dasar makanan untuk menciptakan cita rasa yang khas pada menu sajian makanan dalam bentuk apapun. Maka dari itu petani Indonesia sebagai soko guru jasanya terhadap bangsa ini sungguh tak terhingga. 

Melalui Kementrian Pertanian menetapkan pada tahun 2021 sebagai tahun swasembada Bawang Putih Nasional. Mendukung program tersebut dalam upaya BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Jawa Timur telah melakukan produksi benih bawang putih varietas nasional hasilnya sangat memuaskan dan cocok untuk ditanam oleh petani jawa timur sebagai peningkatan sumber ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan konservasi yang tersedia. 

Rabu (11/04) kemarin bertempat dilahan ladang pertanian dusun punjul desa wonokerto kecamatan sukapura kabupaten probolinggo, BTBP Provinsi Jawa Timur telah mengadakan kegiatan temu lapang produksi bawang putih mendukung pengembangan kawasan di jawa timur dihadiri oleh kepala BTBP jawa timur Dr. Ir. Chendy Tafakresnanto, MP. 
Juga hadir kepala dinas pertanian kabupaten probolinggo Ahmad Hasyim Ashari beserta para petani bawang putih, terlihat antusiasme warga dalam menyambut program pertanian tentang swasembada bawang putih sehingga petani khususnya yang ada diwilayah sukapura ini selalu siap dalam menyongsong program tersebut. 

Menurut petugas pertanian pengawasan benih tanaman dari UPT Sertifikasi Benih dan Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Timur M. Syaifudin Malik yang selalu setia mendampingi serta mengajak para petani untuk selalu eksis dan konsisten dalam melaksanakan pekerjaan sebagai petani yang baik dan profesional terutama fokus pada program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mensukseskan program swasembada bawang putih. 

Diawali dari para petani yang ada didaerah sukapura kabupaten Probolinggo sudah terlihat hasilnya cukup signifikan dan bisa dipergunakan sebagai pembibitan selanjutnya untuk dikembangkan bisa ditanam oleh para petani disekitarnya bahkan diseluruh area lahan pertanian yang ada di kabupaten Probolinggo, khususnya menjadi andalan varietas bawang putih bernama lembu kuning dan lembu hijau yang nantinya akan menjadi unggulan hasil produksi para petani dikawasan daerah gunung bromo. “ungkapnya. 

Mas Udin panggilan akrabnya menjelaskan bahwa mengingat waktu yang lalu konon tanaman bawang putih diprobolinggo pernah menjadi produk unggulan pertanian yang luar biasa bagi para petani Probolinggo, namun dengan merosotnya harga bawang putih kala itu begitu rendah sehingga para petani saat itu menjadi kolep akhirnya gulung tikar. 

Menyongsong program dari kementerian pertanian dengan swasembada bawang putih 2021 melalui pendampingan ekstra dari BTBP Jawa Timur disertai skill petugas pendamping dan pengawasan dari kementerian dan dinas pertanian kabupaten Probolinggo, maka dipelopori masyarakat petani punjul wonokerto sukapura bertekat akan mensukseskan program yang di maksud, pungkasnya. (Suly) 

Post a Comment

0 Comments